Sabtu, 21 Juli 2012

Presiden INACA (Indonesia National Air Carriers Assciation), Emirsyah Satar, mengatakan, Indonesia akan membutuhkan minimal 4.000 pilot dan ribuan pekerja teknisi seiring dengan pesatnya perkembangan industri penerbangan di negeri ini.
“Dengan pesatnya perkembangan industri penerbangan di Indonesia dan pemberlakuan kebijakan Asean Open Sky di tahun 2015, hingga kebijakan pasar penerbangan tunggal di Asean tahun 2020, Indonesia akan membutuhkan setidaknya 4.000 pilot, 7.500 teknisi, dan 1.000 pengontrol lalu lintas,”
Ia menjelaskan sektor penerbangan Indonesia tumbuh sangat pesat. Ini ditunjukkan dengan perkembangan pesawat baru sekitar 8 persen per tahun. Apalagi populasi penduduk Indonesia telah mencapai angka 240 juta orang. Ini menandakan pasar yang potensial bagi maskapai penerbangan. Akan tetapi, industri penerbangan nasional belum bisa disuplai oleh tenaga pilot dan teknisi yang cukup.

Jumat, 20 Juli 2012

Hukum Taruna

1. Senior taruna selalu benar
2. Junior taruna selalu salah
3. Jika senior taruna salah, kembali ke hukum 1

Jumat, 06 Juli 2012

TOBAGO (TB-10)






TOBAGO TB-10, adalah jenis pesawat latih yang digunakan oleh senior taruna STPI, kini bagi para rekan-rekan yang ingin memiliki miniatur nya kini tersedia di tempat kami.

Tes PNB STPI

postingan ini saya ambil dari seseorang yang sudah menjadi taruna PNB STPI. jadi dibaca kalo perlu yaa..
untuk menjadi seorang taruna STPI khususnya penerbang (pnb-st/sp) harus melewati beberapa seleksi,.
Tapi sebelum masuk ke seleksi ada beberapa Persyaratan Umum, yaitu:
1. Warga negara indonesia max umur 23 tahun.
2. Belum menikah.
3. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata, tidak buta warna.
4. Tinggi Penerbang: pria min 165 cm, wanita min 163 cm.
Sekarang saya akan membahas seleksi sesungguhnya..
Seleksi Penerimaan Calon Taruna (sipencatar):
1. Tes potensi akademik
Disini adalah tes akademik yang menguji beberapa kemampuan logika dasar, seperti kemampuan : Matematika, fisika, logika verbal, tes logika, bahasa inggris..
Bentuk soalnya mirip seperti tes masuk UMPTN , contohnya STAN (tapi gak sesusah soal stan 2007, menurut pengalaman pribadi saya lho.).tapi jangan anggap remeh , karena disini tesnya berlangsung lama, yaitu sekitar 4 jam (sesi pertama :2,5 jam, sesi kedua 1,5 jam diselingi istirahat 30 menit).
Disini lah tantangannya, duduk lama dengan banyak soal2 yang bikin pusing, dituntut konsentrasi penuh,. Di akhir tes pun kepala dan pantat akan terasa sangat panas!!
Hehehe..
Tips: Pelajari matematika, fisika dan bahasa inggris yang anda dapatkan di SMA.
Banyak2in latihan soal2 tahun lalu (tapi ntar biasanya dikasi kok contoh soal waktu pendaftaran di STPI). Jangan lupa sarapan sebelum tes, mandi, bab, bak, berdoa, bawa air minum secukupnya.jangan begadang sebelumnya, jaga kesehatan, pastikan kondisi otak siap 100%.. Dan jangan lupa berdoa..
__________________________________________________ _
Pengumuman Tahap I (tes potensi akademik)
————————————————————–
2.Kesamaptaan
Kesampataan (tes kekuatan fisik). Mirip dengan tes masuk militer ataupun tes kesamapataann lainnya. Yang dites di tahap ini adalah kemampuan fisik dengan urutan yaitu :
lari bikin sehat
Lari lapangan sepak bola selama 12 menit,
pull up
pull up (selama 1 menit), sit up (selama 1 menit),
yo ayo push up
push up (selama 1 menit),
lari dengan bentuk angka 8. Semakin besar point yang di dapat = semakin baik.tes ini memang yang paling menguras tenaga, dan pasti melelahkan.
Tips: Banyak2 latihan jauh2 hari sebelum seleksi, pastikan kondisi dalam keadaaan sehat bugar, jangan lupa sarapan yang bergizi (tapi jangan banyak2), pastikan anda sudah bab dan bak,.
Saat dibariskan sebelum tes dimulai, usahkan berbarislah di grup paling depan sebelah kiri, karena peluang untuk urutan awal memulai tes akan lebih besar. Ingat! Semakin akhir urutan kita = semakin tinggi matahari, panasss coooy!!!
Saat tes lari lapangan 12 menit, jangan menggebu-gebu karena masih banyak dibutuhkan tenaga untuk tes fisik lainnya, hemat tenaga, gak usah kenceng2 yang penting konstan.. Dan jangan sampai pingsan ya, kerana akan membuat anda gagal.!
3. Psikotes
Tes untuk mengujui kekuatan konsentrasi otak, kemampuan nalar, imajinasi dan motivasi.. Tapi gak usah terlalu khawatir dengan ini karena gak beda jauh bikin pusingya dengan tes potensi akademik..^_^
Oya ada soal2 menggambar (nah lho kayak anak tk), sepeerti disuruh menggambar seseorang yang kamu kenal, menggambar pohon berakar/beranting, dan membuat simbol2 gak jelas menjadi sebuah cerita bergambar (gambarlah menjadi yang ada hubungannya dengan pesawat terbang)..
Kalo gak slah tes ini berlangsung selama 3 jam..
Tips: Konsentrasi!! Yang punya masalah dengan kelurga, pacar, teman atau masalah apapun, jangan dipikirkan, lupakanlah untuk sesaat, ingat harus konsentrasi.. Pastikan kondisi fisik, otak dan mental dalam keadaan bagus 100%. Jagan lupa sarapan bab & bak sebalum tes,..
4. Wawancara
Jangan anggap remeh tes ini,. Kerana yang mewawancarai anda adalah seorang FI (Flight Instructor)..[ di STPI : “FI adalah dewa, senior adalah raja dan junior adalah kacung!”] jadi anda harus sangat menghormati FI..
Pertnyaan saat wawancara sangatlah subyektif (suka-suka fi mau nanya apa ke anda). Namun pertanyaan yang saya hadapi adalah : Rumus persamaan kuadrat, menggambar peta indonesia, letak kota2 di indonesia,nama-nama bandara, menceritakan tentang diri anda dan kegiatan anda dari bangun hingga tidur lagi menggunkan bahasa inggris, disuruh praktekin baris berbaris,.
Namun pertanyaan yang sangat penting dan wajib digarisbawahi bagi seorang calon pilot adalah: Alasan ingin menjadi pilot apa? Kenapa pesawat bisa terbang? Hukum (fisika) apa saja yang berlaku pada sebuah pesawat? Sebutkan bagian2 pesawat? Arah mata angin?.
Tips : Pakai pakaian yang formal rapi (kemeja putih polos, celana bahan dan sepatu kulit).. Saat mendatangi pewawancara, hormat terlebih dahulu (posisi tangan seperti hormat ke bendera merah putih), pelajari jawaban dari pertanyaan yang saya berikan di atas, pelajari istilah2 penerbangan, jangan gugup tapi juga jangan cengengesan atau senyum2 gak jelas [di STPI : “senyummu adalah nerakamu!”], posisi duduk jangan bungkuk. Dan usahakan sikap tegas!
5. Kesehatan
Tes kesehatan dilakukan di “balai kesehatan penerbangan” di derah kemayoran, disinialh satu2nya di indonesia tempat untuk melakukan medical checkup resmi para pilot dan pramugari/a seluruh indonesia (WOW!!).. Jadi jangan heran kalo nanti anda ketemu dengan pramugari atau pilot yang sosoknya tidak asing..
Yah disini terdapat beberapa macam tes, dimulai dari :
-)tes urine dan tes darah: Pasti udah tau kan? Gak perlu dijelasin,
-)cek fisik : Ini neh yang paling gokil! Anda akan disuruh bugil 95%!! Waktu itu saya di cek oleh seorang dokter cantik ^_^, agak sedikit rasa tidak rela menanggalkan pakaian satu persatu . Tapi apa boleh buat, ini prosedur. Anda akan diukur lingkar perut, lingkar dada, tekanan darah, cek detak jantung ,
cek pake stetoskop, cek hidung, cek telinga, cek tinggi/ berat bada, cek bentuk punggung, dicek tanda lahir, dan dicek anus anda ambeyen ato enggak ..
-) rongent(x-ray) dada: Yah gitu deh, pokoknya dada kita akan di x-ray.
-)cek gigi :disini kita akan di cek oleh dokter gigi, dilihat apakah ada lubang atau tidak dan kondisi lain dari gigi.
-) cek telinga: Anda ada di sebuah bilik dan akan didengarkan suara frekuensi (dengung) dan tekan tombol jika ada seura dengung.
-) ecg: Disuruh tidur terlentang dan dada kita dipasang kabel2 kayak di film2 dan dilihat detak jantungnya,
-) cek mata I : Tes amata ini akan ditunjukkan sebuah buku yang berisi tulisan yang ukurannya berfariasi dari yang besar sampai yang sangat kecil dan tes buta warna..
Oya ada juga tes mata apakah silinder atau tidak. Ada dua buah batang yang ukurannya sama panjang dan sama besar, dan kita harus mensejajarkan kedua batang yang kita geser dengan tali dari jarak 4 meter. Semakin kecil jarak kedua batang = semakin bagus.
-) cek mata II: Mata kita dipasangin alat dan ada akan melihat 2 garis merah (horizontal dan vertikal yang bergerak saling berpotongan,) dan katakan stop jika garis berpotongan tepat ditengah.
-)eeg : Lokasi dan hari yang berbeda , yaitu di daerah kuningan. Mirip kayak ecg, tapi kali ini kepala kita yang akan dipasangain kabel2, dan kita hanya
disuruh berbaring tapi jangan tertidur..
Tips: Saat datang ke balai kesehatan penerbangan, gunakan kemeja rapi (gak harus warna polos), celana usahain bukan jeans dan wajib pake sepatu.. Jangan telat an jangan lupa mandi,keramas dan pastikan badan dan pakain anda bersih dan wangi„
Untuk eeg, usahakn cukup tidur sebelum cek, jangan sampae ngantuk ya..
Update:
-Jauh2 hari sbelum tes kesehatan JANGAN PERNAH MAKAN DAGING, KUNING TELUR,JEROAN, GORENGAN (makanan berlemak), karena beresiko kolestreol saat cek darah
Pengumuman Tahap II
6. Tes Bakat Terbang
Apa yang anda bayangkan?? Terbangin pesawat di Simulator? Naik pesawat sebagai penumpang kemudian peswatnya diputer2??hmm anda salah kalo berpikir seperti itu..
Kenyataanya adalah menggunakan pesawat sungguhan jenis Tobago TB-10 , dan anda akan duduk di kokpit sebelah kiri, tangan kiri anda memegang Control Column (setir) dan tangan kanan memeggang Throttle (gas) dan duduk sebelah kanan anda adalah seorang FI, dan anda akan harus memperhatikan dan melakukan apapun perintah dari FI..

Tes berlangsung sekitar selama 6 hari (diasramakan), anda akan mendapatkan 3 kali kesempatan terbang (jadwalnya gak tentu),. Terbang pertama dan kedua anda akan diajari oleh FI cara menerbangkan pesawat, dan terbang ketiga adalah Penilaian, FI akan menyuruh apapun yang dia mau.. seperti Cruise to Climb, Climb to Cruise, Climb to Descend, Heading , dll..
tenang para taruna akan mengajarkan anda tentangn itu semua dan juga termasuk CheckList mengenalkan fungsi dari tombol2 dan indikotor yang ada di kokpit pesawat..
Tips: Pelajari baik2 CheckList, pahami semua tombol dan indiktor pesawat,jangan tegang saat terbang, JANGAN MUNTAH, banyak tanya ke Taruna jika ada yang tidak paham, respect ke semua taruna apalagi FI, Jangan cengengesan. Oya, kalo ada taruna yang sedang dorong2 pesawat untuk isi FUel, tolong dibantu yaaak…
Oya pasti tau kan Game Flight Simulator? Sering2 maen game itu karena lumayan sangat membantu menambah wawasan dan latihan terbangin pesawat..
__________________________________________________ _______
Sekian dari saya, semoga apa yang saya tulis dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan cita-citanya menjadi seorang pilot…kurang Lebihnya mohon dimaafkan, kalo ada salah penulisan atau sallah2 kata silahkan beri tau..
wasssalam..
The Sky is a vast place, but there is no room for error! *i like this quote
pesawat yang digunakan dalam TBT
ini Tobago TB-10, pesawat yang digunakan saat tes bakat terbang .
TAMBAHAN:
-dalam tes PNB ini tidak ada tes renang, tapi sebaiknya Anda belajar renang
-ada tes gigi juga , yang dicek gigi agan apakah BOLONG dan UTUH/Lengkap ? kalo masalah gak rata kayknya gak ngaruh  cz ada juga taruna yang giginya gak rata kok..
-kalo di STPI nya sendiri bates umur maksimal 23 tahun , jadi sebelum kita mencapai umur 23 kita masih bisa daftar.
-di STPI ini bisa jurusan PNB bisa mengambil pendidikan 2 tahun atau 3 tahun dan biaya nya tidak semahal sekolah penerbangan swasta yang mencapai 580 juta
-di STPI ada sistem D.O juga, biasanya karena tidak disiplin.